Jumat, 17 Mei 2013

DINAMIKA KELOMPOK

DINAMIKA KELOMPOK
Hari Kedua        : Selasa , 7 Mei 2013
Pukul                   : 07.00 – 13.00
Acara                   : DINAMIKA KELOMPOK
Nara Sumber   : Bagian Diklat BKD Pemprov. Kepri
Isi Materi           :
Pada dasarnya Dinamika kelompok adalah suatu kelompok yang terdiri dari dua atau lebih individu yang memiliki hubungan psikologis secara jelas antara anggota satu dengan yang lain dan berlangsung dalam situasi yang dialami. Secara harfiah, Dinamika kelompok berasal dari kata dinamika dan kelompok. Dinamika berati interaksi atau interdependensi antara kelompok satu dengan yang lain, sedangkan Kelompok adalah kumpulan individu yang saling berinteraksi dan mempunyai tujuan bersama.

Berikut ini beberapa games yang dimainkan sebagai berikut:
Games1: Bom Ranjau
Tujuan:
Agar seluruh peserta bisa mengingat dan berkenalan secara fisik dan yang lebih jauh, yakni membantu saling mengingatkan letak  bom ranjau, sekaligus melatih mereka bekerjasama dengan membangun komunikasi dalam kelompok.
Langkah-langkah:
a. Peserta di bagi dalam kelompok-kelompok yang sama banyaknya (bila jumlah peserta ganjil, seorang pemandu bisa masuk ke dalam salah 1 kelompok).
Pemandu menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
• kelompok akan berlomba dengan masuk ke dalam persegi-persegi kecil ukuran 100x100 cm yang dibatasi oleh tali raffia sebanyak 25 buah.
• Pemandu akan menghitung sampai 10 tanda dimulai perlombaan.
• Setiap anggota kelompok secara berurutan masuk ke persegi dan melangkah maju ke baris berikutnya, jika ada ranjau maka harus mengulangi dari awal start.
• Kelompok yang menang adalah kelompok cepat keluar dan tanpa menginjak ranjau sampai finish.
b. Sebelum pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
Games2: Tali Laser
Tujuan:
Agar seluruh peserta bisa berkenalan secara fisik dan yang lebih jauh, yakni membantu saling menghargai dan peduli dengan lingkungan sekitar, sekaligus melatih mereka bekerjasama dengan membangun komunikasi dalam kelompok.
Langkah-langkah:
a. Peserta di bagi dalam kelompok-kelompok yang sama banyaknya (bila jumlah peserta ganjil, seorang pemandu bisa masuk ke dalam salah 1 kelompok).
Pemandu menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
• kelompok akan berlomba dengan masuk ke dalam persegi panjang yang dibatasi oleh tali raffia dan 4 tiang dengan tinggi sepaha orang dewasa (± 1 meter).
• Pemandu akan menghitung sampai 10 tanda dimulai perlombaan.
• Setiap anggota kelompok saling membantu untuk mengeluarkan peserta dari area tali laser tersebut.
• Kelompok yang menang adalah kelompok cepat keluar dan tanpa menyentuh tali raffia tadi.
b. Sebelum pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
Games3: Kereta Api
Tujuan:
Agar seluruh peserta bisa berkenalan bisa percaya pada leader/ pimpinan , yakni membantu saling menghargai dan peduli dengan lingkungan sekitar terutama atasan kita, sekaligus melatih mereka bekerjasama dengan membangun komunikasi dalam kelompok.
Langkah-langkah:
a. Peserta di bagi dalam kelompok-kelompok yang sama banyaknya.
Pemandu menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
• Seluruh anggota kelompok akan berlomba dengan memasang penutup mata kecuali ketua kelompok yang akan memandu dari tempat yang telah ditentukan.
• Pemandu akan menghitung sampai 10 tanda dimulai perlombaan.
• Setiap anggota kelompok saling membantu dengan memegang pundak teman-temannya untuk melewati rintangan yang berkelok-kelok, tanjakan, dan turunan. Ketua kelompok harus sigap memberikan perintah agar perjalanan sampai di tujuan.
  Kelompok yang menang adalah kelompok cepat selesai dan tanpa ada insiden sampai di tujuan.
b. Sebelum pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
Games 4: Jaring Laba-laba
Tujuan:
Agar seluruh peserta bisa membantu dan menyusun strategi, yakni membantu saling menghargai, saling berbagi dan peduli dengan lingkungan sekitar, sekaligus melatih mereka bekerjasama dengan membangun komunikasi dalam kelompok.
Langkah-langkah:
a. Peserta di bagi dalam kelompok-kelompok yang sama banyaknya.
Pemandu menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
• Seluruh anggota kelompok akan berlomba dengan melewati rintangan laba-laba, di mana . lobang hanya boleh dilalui oleh 1 atau 2 peserta.
• Pemandu akan menghitung sampai 10 tanda dimulai perlombaan.
• Setiap anggota kelompok saling membantu dengan membagi anggotanya untuk memilih lobang yang harus mereka lewati.
  Kelompok yang menang adalah kelompok cepat selesai dan tanpa ada kesalahan sampai di seberang.
b. Sebelum pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
Games 5: Air Ledeng
Tujuan:
Agar seluruh peserta bisa membantu dan menyusun strategi, yakni membantu, gotong-royong, rela berkorban, saling menghargai, saling berbagi dan peduli dengan lingkungan sekitar, sekaligus melatih mereka bekerjasama dengan membangun komunikasi dalam kelompok.
Langkah-langkah:
a. Peserta di bagi dalam kelompok-kelompok yang sama banyaknya.
Pemandu menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
• Seluruh anggota kelompok akan berlomba dengan mencoba menutup lobang pada pipa paralon besar (±diameter = 10 cm dan tinggi ± 2 meter dari permukaan tanah), di dalamnya berisi bola tenis meja.
• Pemandu akan menghitung sampai 10 tanda dimulai perlombaan.
• Setiap anggota kelompok saling membantu dengan membagi anggotanya untuk memilih menutup lobang da nada yang mengisi air sehingga bola tenis meja tadi keluar dari pipa.
  Kelompok yang menang adalah kelompok cepat selesai dan tanpa ada kesalahan sampai bola keluar.
b. Sebelum pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
Untuk lebih jelasnya silahkan buka:

Tanjungpinang, 7 mei 2013
Penulis
                              H154M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WEBSITE MATEMATIKA SEGALA JENJANG SD-SMP-SMA

 Silahkan simak video berikut:  Bapak/Ibu guru Matematika, siswa/siswi silahkan explore :  Sosialisasi alamat website lengkap tentang mate...