SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH ORANG YANG PALING BANYAK MEMBERI MANFAAT BAGI ORANG LAIN, MAKHLUK, DAN JAMI'AL 'ALAMIN ; MARI KITA BERJUANG MERAIHNYA DENGAN SEKUAT TENAGA & KERENDAHAN HATI!!!

Rabu, 01 Mei 2013

SOSIALISASI KURIKULUM 2013


SOSIALISASI KURIKULUM 2013

Hari Kedua        : Kamis , 2 Mei 2013
Pukul                   : 08.00 – 14.15
Acara                   : Sosialisasi Kurikulum 2013
Nara Sumber   : Widyaswara Matematika LPMP Jawa Barat “ Bapak Husein Siregar”
                               HP.  081573314604
Isi Materi           :
Pendahuluan tentang guru matematika harus sabar.  Kita sebagai guru logikanya sudah mengalami / melalui SD SMP SMA/MA, sedangkan siswa baru sekarang mengalami masa SMA jadi tidak ada  alasan untuk guru tidak bersabar. Latar belakang kurikulum 2013 antara lain hampir semua siswa Indonesia hanya menguasai level 3 bahkan lebih dari 95% siswa Indonesia hanya mampu sampai level menengah  jauh dibanding Taiwan yang 50% mencapai level tiggi. Ada temuan di lapangan bahwa beberapa sekolah sering melakukan kecurangan demi mendapat predikat baik sekolahnya, lebih baik dari pada mendahulukan kemampuan siswa pada kenyataannya.
Model soal yang yang dibagi berdasarkan TIMSS (Trends in International Mathematic and Science) dan PIRLS (Progress in International Reading Literacy Study) adalah sebagai berikut:
1.       Low mengukur kemampuan sampai level knowing (pengetahuan).
2.       Intermediete  mengukur kemampuan samapai level applying (aplikasi).
3.       High mengukur kemampuan samapai level reasoning (alas an/sebab akibat).
4.       Advance mengukur kemampuan samapai level reasoning with incomplete information.
Banyak materi TIMSS matematika tidak termasuk dalam kurikulum matematika yang lama, dengan kata lain siswa telah diajar TIMSS adalah rendah. Setelah dievaluasi ternyata ada beberapa materi essensial belum diajarkan / belum masuk kurikulum yang lama.
Ada beberapa solusi yang tersedia pada kurikulum 2013 yaitu:
a.       Evaluasi ruang lingkup materi seperti meniadakan materi yang kurang essensial Tanjungpinang, 2 mei 2013 /tidak relevan, mempertahankan materi yang sesuai dengan kebutuhan siswa, dan menambahkan materi yang diaanggap penting dalam perbandingan internasional.
b.      Evaluasi ulang kedalaman materi sesuai dengan tuntutan perbandingan internasional (s/d reasoning)
c.       Menyusun kompetensi dasar yang sesuia dengan materi yang dibutuhkan.
Pendapat ahli antara lain Dyers, JH al (2011) Innovato DNA menyatakan bahwa 2/3 dari kemampuan kreativitas seseorang diperoleh melalui pendidikan, 1/3 sisanya berasal dari genetik. Sharp, C . 2004. Guru dapat membuat peserta didik berani berprilaku kreatif.
Pada akhirnya pada kurikulum 2013 menginginkan siswa kreatif, inovatif dan produktif. Di samping itu, Kata Kunci keberhasilan hidup manusia agar tetap terbebas/terhindar dari perbuatan keji dan mungkar adalah ingat Allah (ingat sang penciptanya). Demikian pula halnya dalam membangun karakter manusia tetap kuncinya adalah ingat Allah (ingat sang penciptanya) seperti  yang diutarakan kawan guru kita .

Untuk lebih jelasnya silahkan buka:

Tanjungpinang, 2 mei 2013
Penulis

H154M

1 komentar: