Selasa, 23 Oktober 2012

RPP IHT Sekolah SMAN 8 Batam


Pada Tujuan Pembelajaran
(menggambarkan proses dan ha­sil belajar dalam permendiknas no. 41 tahun 2007 )
Catat: Jika anak sudah mencapai/sukses KD (punya kompetensi pada KD) è Hasil/ kompetensi anak, Jika anak sudah mencapai/sukses indikator yang dijabarkan dari KD ==> Hasil anak juga. Tujuan pembelajaran membuat siswa mencapai indikator

1.    Siswa dapat …(Indikator)
… dst

A.   Pendahuluan (10 Menit)
(Rekomendasi minimal 4 point)
·         Salam dilanjutkan dengan doa sebagai implementasi nilai religius
·         Pengkondisian kelas , menyiapkan anak untuk penerimaan informasi seperti: mengecek kehadian siswa, pembiasaan nilai disiplin (seragam, kebersihan, kerapian, atau info2 penting terkait tatib sekolah).
·         Apersepsi dan motivasi, penambahan prasyarat konsep.
·         Penyampaian tujuan pembelajaran (ini wajib disampaikan)
·         Penyampaian aturan-aturan diskusi kelompok (seperti adab bertanya,menyanggah dan mengomentari pendapat kawan), perlu diingat ada perbedaan antara Tanya jawab sebagai metode dengan Tanya jawab sebagai aktivitas.


B.   Kegiatan Inti
(interaktif/siswa yang aktif, inspiratif/menantang, menyenang­kan, menantang, memotivasi)
Kegiatan 1 (mensukseskan tujuan IPK 1, misalkan 20 menit)
Catat: tiap kegiatan tidak selalu diikuti oleh pendahuluan

·         (Eksplorasi= menggali informasi/mencari/menemukan),
·         (Elaborasi= mengembangkan/menggabungkan), dan
·         (Konfirmasi= menyepakati/menyimpulkan/memastikan)

Materi ajar (terdiri dari materi prinsip dan materi prosedur) berbeda dengan materi pembelajaran (terdiri dari materi fakta dan materi konsep)
 Materi ajar memuat
·         Fakta suatu kasus keseharian baik,
·         konsep merupakan penjabaran materi pokok secara rinci,
·         prinsip=materi pokok , dan
·         pro­sedur merupakan hasil perincian materi konsep
yang relevan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WEBSITE MATEMATIKA SEGALA JENJANG SD-SMP-SMA

 Silahkan simak video berikut:  Bapak/Ibu guru Matematika, siswa/siswi silahkan explore :  Sosialisasi alamat website lengkap tentang mate...