SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH ORANG YANG PALING BANYAK MEMBERI MANFAAT BAGI ORANG LAIN, MAKHLUK, DAN JAMI'AL 'ALAMIN ; MARI KITA BERJUANG MERAIHNYA DENGAN SEKUAT TENAGA & KERENDAHAN HATI!!!

Selasa, 23 Oktober 2012

PEMETAAN SK-KD IHT Internal sekolah SMAN 8 Batam


Ada beberapa informasi baru dari pelatihan tersebut sebagai berikut:
Dasar/acuan / pengembangan KD  Menjadi IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi)
  1. Dari mudah ke sukar (hubungannya dengan penetapan tingkat ranah kompetensi)
  2. Dari Sederhana ke kompleks (terkait dengan penetapan ruang lingkup/materi)
  3. Dari kongkrit ke abstrak (sebagai dasar penentuan materi ajar)
  4. Dari dekat ke jauh (terkait dengan pengambilan bahan ajar)
Seringkali kesalahan beberapa guru dalam mengembangkan KD menjadi indikator dibuat sembarangan dan kurang memperhatikan aturan di atas.
Disamping itu, informasi lain yang didapatkan bahwa SKL, SK, KD dan  IPK mempunyai karakterisatik yang sama ada  2  yaitu (kompetensi dan materi)
Materi pokok, materi ajar, materi pembelajaran berbeda dan dalam menetapkan yang sederhana dan komplek yang tersurat (penulisannya) bukan yang tersirat. Artinya semakin banyak kata hubung "misal: tanda koma, dan " pada KD berarti KD tersebut kompleks.

Setiap guru wajib membawa RPP yang berisi indikator-indikator pada pertemuan yang bersangkutan. Sedangkan Alokasi waktu adalah patokan berapa lama anak yang kemampuan paling bawah memahami indikator tersebut.

Materi dibagi menjadi 2 dan tidak akan lepas dari 2 hal yaitu: Kehidupan dan kematian. jangan putus asa mencari materi fakta yang dapat kita hubungkan dengan dunia nyata.
Mudah-mudahan bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar