SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH ORANG YANG PALING BANYAK MEMBERI MANFAAT BAGI ORANG LAIN, MAKHLUK, DAN JAMI'AL 'ALAMIN ; MARI KITA BERJUANG MERAIHNYA DENGAN SEKUAT TENAGA & KERENDAHAN HATI!!!

Kamis, 15 Maret 2012

MODEL KARTU BILANGAN POSITIF DAN NEGATIF

Pada kesempatan ini penulis akan membahas tentang alat peraga yang dapat digunakan untuk membelajarkan materi operasi hitung perkalian bilangan bulat. Alat peraga yang dimaksud ada dua, yaitu: (1) model kartu bilangan positif dan negatif, dan (2) garis bilangan bulat. Kedua alat tersebut dapat digunakan untuk menjelaskan operasi hitung perkalian bilangan bulat. Namun pada kesempatan kali ini penulis hanya akan membahas tentang penggunaan alat peraga model kartu bilangan bulat positif dan negatif.

Siswa cenderung mengalami kesulitan belajar menjumlahkan atau mengurangkan bilangan bulat. Ada beberapa penelitian cara menentukan hasil penjumlahan atau pengurangan bilangan bulat, diantaranya Penjumlahan dan pengurang bilangan bulat dengan media kancing berpasangan:

Langkah 1. Siapkan kancing berpasangan (kancing Positif dan negatif) secukupnya

langkah 2. Jelaskan kancing positif mewakili bilangan positif, kancing negatif mewakili bilangan negatif dan nol gabungan keduanya.

langkah 3. Lakukan peragaan penjumlahan, misal: 4 + (-3) = ....; jawab: 4 kancing positif dan 3 kancing negatif kemudian pasangkan (untuk kancing berpasangan bernilai nol). Jadi kancing yang tersisa adalah 1 kancing positif, maka jawaban soal = 1.

Sedangkan pada pengurangan, misal: (-5) - (-3)= .... ; jawab: 5 kancing negatif diambil 3 kancing negatif, jadi kancing yang tersisa adalah 2 kancing negatif, maka jawaban soal = -2.

Selamat mencoba untuk penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang lain.

MAU PENJELASAN YANG LEBIH RINCI???

1 komentar:

  1. alat peraga kancing ini, akan saya coba. di depan profesor saya

    BalasHapus