SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH ORANG YANG PALING BANYAK MEMBERI MANFAAT BAGI ORANG LAIN, MAKHLUK, DAN JAMI'AL 'ALAMIN ; MARI KITA BERJUANG MERAIHNYA DENGAN SEKUAT TENAGA & KERENDAHAN HATI!!!

Minggu, 04 Maret 2012

MATERI MATEMATIKA KELAS XI IPA/IPS SEMESTER GENAP

1. SUKU BANYAK

Standar Kompetensi:

4. Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.

Kompetensi Dasar:

4.1 Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.

4.2 Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor dalam pemecahan masalah

Indikator Ketuntasan:

Menjelaskan algoritma pembagian sukubanyak

Menentukan derajat sukubanyak hasil bagi dan sisa pembagian dalam algoritma pembagian

Menentukan hasil bagi dan sisa pembagian sukubanyak oleh bentuk linear atau kuadrat

Menentukan sisa pembagian suku-banyak oleh bentuk linear dan kuadrat dengan teorema sisa

Menentukan faktor linear dari suku-banyak dengan teorema faktor

Menyelesaikan persamaan suku-banyak dengan menggunakan teorema faktor

2. KOMPOSISI FUNGSI DAN FUNGSI INVERS

Standar Kompetensi:

Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi.

Kompetensi Dasar:

  1. Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
  2. Menentukan invers suatu fungsi

Indikator Ketuntasan:

  1. Mendiskripsikan pengertian fungsi dan sifat-sifatnya
  2. Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
  3. Menentukan invers suatu fungsi

Kelas: Kelas XI IPA/IPS

Semester: Semester 2

3. FUNGSI INVERS

Standar Kompetensi:

5. Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi.

Kompetensi Dasar:

5.2 Menentukan invers suatu fungsi

Indikator Ketuntasan:

  • Menjelaskan syarat agar suatu fungsi mempunyai invers.
  • Menggambarkan grafik fungsi invers dari grafik fungsi asalnya
  • Menentukan fungsi invers dari suatu fungsi.
  • Mengidentifikasi sifat-sifat fungsi invers.

Kelas: Kelas XI IPA/IPS

Semester: Semester 2

4. SIFAT LIMIT FUNGSI

Standar Kompetensi:

6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar:

6.2 Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri

Indikator Ketuntasan:

  • Mampu menggunakan sifat limit fungsi untuk menentukan nilai limit fungsi trigonometri di satu titik
  • Mampu menentukan nilai limit tak hingga suatu fungsi
  • Mampu menentukan nilai limit di tak hingga suatu fungsi (Pengayaan)
  • Mampu menggunakan sifat limit untuk membuktikan kekontinuan fungsi di satu titik

Kelas: Kelas XI IPA/IPS

Semester: Semester 2

5. MENGHITUNG LIMIT FUNGSI ALJABAR

2

Standar Kompetensi:

6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar:

6.2 Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri

Indikator Ketuntasan:

1. Menentukan sifat-sifat limit dengan pendekatan secara intuitif

2. Menghitung limit fungsi aljabar

3. Menghitung limit fungsi trigonometri.

Kelas: Kelas XI IPA/IPS

Semester: Semester 2

6. FUNGSI NAIK, FUNGSI TURUN DAN NILAI EKSTRIM

Standar Kompetensi:

6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar:

6.4 Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah

Indikator Ketuntasan:

  • Menentukan fungsi monoton naik dan fungsi turun dengan menggunakan konsep turunan pertama
  • Menentukan titik ekstrim grafik fungsi

Kelas: Kelas XI IPA/IPS

Semester: Semester 2

7. MODEL MATEMATIKA EKSTREM FUNGSI

Standar Kompetensi:

6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar:

6.5 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi

Indikator Ketuntasan:

  • Mengidentifikasi masalah-masalah yang bisa diselesaiakn dengan konsep ekstrim fungsi
  • Merumuskan model matematikan dari masalah ekstrim fungsi

Kelas: Kelas XI IPA/IPS

Semester: Semester 2

8. APLIKASI TURUNAN FUNGSI

Standar Kompetensi:

6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar:

6.5.Menentukan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya.

Indikator Ketuntasan:

  • Menentukan model matematika dari soal cerita yang berkaitan dengan masalah maksimum
  • Menentukan model matematika dari soal cerita yang berkaitan dengan masalah minimum.

Kelas: Kelas XI IPA/IPS

Semester: Semester 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar