SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH ORANG YANG PALING BANYAK MEMBERI MANFAAT BAGI ORANG LAIN, MAKHLUK, DAN JAMI'AL 'ALAMIN ; MARI KITA BERJUANG MERAIHNYA DENGAN SEKUAT TENAGA & KERENDAHAN HATI!!!

Kamis, 09 Februari 2012

PERSIAPAN PLPG SERTIFIKASI GURU 2012

Secara ringkas untuk sertifikasi guru (mulai) tahun 2012 sebagai berikut:
a. Pola PSPL
Yaitu Pemberian Sertifikat Pendidik secara Langsung dengan persyaratan
1) S-2 atau S-3 dan golongan IV/b
2) S-3

b. Portofolio
1) Penyusunan Portofolio
2) Jika memenuhi syarat kelulusan mendapat Sertifikasi Pendidik
3) Jika tidak memenuhi syarat kelulusan maka mengikuti PLPG

c. PLPG
1) Mengikuti Uji Kompetensi Awal
2) Jika tidak lulus Uji Komptensi Awal maka tidak bisa mengikuti PLPG untuk tahun ini.
3) Jika lulus Uji Kompentei Awal mengikuti PLPG dan mengikuti Uji Komptensi Akhir
4) Jika tidak lulus Uji Komptensi Akhir, maka mengulang satu kali untuk mengikuti Uji Kompetensi Akhir.
5) Jika Lulus Uji Komptensi Akhir maka berhak mendapat Sertifikasi Pendidik.

Dari 3 pola itu kami hanya membahas yang pola ke-3 yaitu PLPG. Dalam waktu dekat PLPG akan segera dilaksanakan, sehingga kita mulai mempersiapkan Uji Kompetensi Awal khususnya Matematika diberikan kisi-kisi (silahkan Download).
Adapun proses yang akan dilewati ketika masuk PLPG antara lain:
1. Penilaian pada saat workshop.
Penilaian pada saat workshop mencakup dua hal, yaitu: (1) penilaian proses dan penilaian produk dengan bobot masing-masing 20% dan 10%, dan (2) penilaian hasil atau penilaian produk workshop. Proses workshop dinilai dalam hal: (a) tanggung jawab, (b) kemandirian, (c) kejujuran kerja, (d) kedisiplinan kerja, (e) etos kerja, (f) inovasi dan kreativitas, (g) kemmpuan berkomunikasi, dan (h) kemampuan bekerjasama. Penilaian proses workshop ini dapat digunakan instrumen penilaian produk workshop (IPPW) atau Lampiran 1. Sementara itu, penilaian produk adalah penilaian terhadap semua produk workshop yang berupa perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran ini mencakup: (a) silabus (SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, dan sumber belajar), (b) RPP (sekurang-kurangnya memuat: perumusan tujuan/ kompetensi, pemilihan dan pengorganisasian materi, pemilihan sumber/ media pembelajaran, skenario pembelajaran, dan penilaian proses dan hasil belajar, (c) Rancangan bahan ajar (untuk modul paling tidak mencakup: tujuan pembelajaran/kompetensi yang ingin dicapai, paparan materi, latihan-latihan, evaluasi, kunci jawaban, dan daftar Pustaka), (d) media pembelajaran, (e) lembar kerja siswa atau LKS, dan perangkat penilaian (soal tes dan rubriknya).
2. Penilaian pada saat PPL
Penilaian dilakukan selama PPL, yang terdiri atas penilaian proses dengan bobot 30 dan penilaian produk dengan bobot 10. Secara umum, komponen penilaian terdiri atas kemampuan mengemas perangkat pembelajaran, praktik-mengajar, kemampuan melakukan tindakan reflektif, kemampuan kepribadian, dan kemampuan sosial. Penilaian proses dan akhir PPL ini dilakukan oleh dosen pembimbing dan guru pamong. Penilaian akhir PPL yang bobotnya 10 itu dipecah menjadi: (a) praktik mengajar bobot 5, (b) kegiatan non mengajar bobot 2, (c) kompetensi
Soal uji kompetensi dalam PPG Page 4
kepribadian dan sosial, dan (d) laporan PPL. Kriteria kelulusan PPL minimal B (3,0). Mahasiswa yang hasil evaluasinya masih di bawah kriteria minimal diberi kesempatan latihan tambahan sampai berhasil mencapai nilai minimal.
3. Ujian Akhir yang berbentuk Uji Kompetensi
Setelah peserta program PPG berhasil lulus Workshop dan PPL, selanjutnya dapat mengikuti tahap akhir yaitu mengikuti Uji Kompetensi yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi guru (Permendiknas No. 16 tahun 2007). Komponen ujian akhir terdiri dari ujian tulis dan ujian kinerja. Ujian tulis dilaksanakan oleh program studi yang dikoordinasikan oleh LPTK penyelenggara. Ujian kinerja dilaksanakan oleh program studi yang dikoordinasikan oleh LPTK dengan melibatkan organisasi profesi dan/atau pihak eksternal yang profesional dan relevan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar