Senin, 27 Februari 2012

KESALAHAN DALAM SIDANG PROPOSAL & SKRIPSI

Ada banyak kesalahan yang sering terjadi pada mahasiswa dalam sidang seminar proposal skripsi maupun sidang skripsi. Penulis akan mengungkapkan ada beberapa kesalahan yang ditemui yaitu:
  1. Mahasiswa masih membahas isi skripsi yang terlalu luas, di mana seharusnya lebih spesifik ke judul.
  2. Rumusan masalah dengan tujuan penelitian tidak berkaitan.
  3. Kesalahan pengetikan seperti: aturan huruf besar dan kecil, tanda baca, dll
  4. Penulisan paragraf yang kurang tertib atau tidak dikembangkan berdasarkan prinsip paragraf Deduktif atau induktif.Di samping itu, aturan Bahasa Indonesia dasar belum terpenuhi seperti: S-P-O-K (Subjek- Predikat-Objek-Keterangan)
  5. Terdapat tata bahasa "tingkat tinggi" yang belum dikuasai artinya oleh mahasiswa karena kutipan dari suatu sumber seperti: instrumen, kualitatif, kuantitatif, efektivitas, efisiensi, dll
  6. Pedalaman atau penguasaan materi yang menyangkut judul penelitian masih kurang.
  7. Sumber buku atau literatur yang terlalu sedikit sehingga literatur blog, website pribadi dibuat sebagai rujukan.
  8. Prosedur penelitian hanya terfokus pada analisis data saja, sehingga analisis proses dan instrumen seringkali ditinggalkan.
  9. Kepahaman terhadap rumus-rumus statistika masih kurang seperti analisis data komparatif, uji t , uji homogenitas, taraf kesalahan, analisis pemilihan sampel dll
  10. Kurangnya rasa percaya diri pada diri mahasiswa yang merasa seperti "dihakimi" oleh para penguji.
  11. Kesalahan yang paling fatal yaitu ada beberapa mahasiswa yang kenyataannya tidak melakukan penelitian di lapangan, sehingga data hasil penelitian didramatisir seakan-akan mereka berhasil melakukan penelitian.
Demikian beberapa kesalahan yang sering diumpai pada sidang roposal dan skripsi. Mudah-mudahan dapat memberi manfaat bagi semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WEBSITE MATEMATIKA SEGALA JENJANG SD-SMP-SMA

 Silahkan simak video berikut:  Bapak/Ibu guru Matematika, siswa/siswi silahkan explore :  Sosialisasi alamat website lengkap tentang mate...