Kegiatan Pelatihan pendalaman kurikulum 2013 melalui pembelajaran
bermakna
SMAN 1 Batam, tanggal 17 – 19 November 2014
Hari Senin, 17
November 2014 (Hari Pertama)
Kelas Paralel:
1.
Aturan permainan tentang relasi dan fungsi (aturan
fungsi bisa lebih dari satu syarat)
2.
Sandi Rahasia, aplikasi fungsi sebagai kunci
dari sandi
DISKUSI:
PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN DI SMA/K DALAM TOPIK APA
SAJA?
(Dari segi mengajarkan secara kontekstual, materi sulit,
pemilihan metode )
1.
Limit fungsi è
cara memberi ilustrasi kepada siswa
Motivasi: lomba hadiah jalan sehat, syarat harus berhenti setengah /setengah
centimeter sebelum sampai garis finish.
Soal pemfaktoran pada tingkat SMP; [math]\frac{x^{2}-4}{x-2}=\frac{(x+2)(x-2)}{x-2}[/math] hendaknya diberi syarat x≠2
Tak Hingga: ∞/1
Tak terdefinisi: 1/0
Tak tentu: 0/0
Variabel: mewakili seluruh anggota suatu
himpunan bilangan
Konstanta: mewakili 1 bilangan saja.
Bilangan Fuzzi set ===> aplikasi pada mesin cuci,
pabrik tebu, robotic (penyesuaian dengan angka riel yang ada)
Bilangan prima ===> sudah ditemukan digit sebanyak
tiga ribu dua ratus dua digit, sedangkan tiga puluh dua digit aplikasinya untuk
password mengunci sandi pada sistem perbankan
internasional.
2.
Pemodelan matematika di SMA sebagai bekal ketika
di perguruan tinggi, aplikasi keseimbangan rumah/ gedung anti gempa.
3.
Barisan bilangan; contoh tentang orang berjabat
tangan. Pengertian barisan adalah suatu fungsi yang memetakan bilangan asli ke
suatu bilangan tertentu.
Hendaknya menghitung deret harus diajarkan
secara induktif:
1+2+3+4
4+3+2+1 dijumlahkan dan dibagi dua;
4.
Turunan fungsi adalah pembagian nilai
fungsi dengan kelajuan pertambahan x, siswa
diarahkan ke konsep kecepatan.
Hormat KamiH154M
Tidak ada komentar:
Posting Komentar