SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH ORANG YANG PALING BANYAK MEMBERI MANFAAT BAGI ORANG LAIN, MAKHLUK, DAN JAMI'AL 'ALAMIN ; MARI KITA BERJUANG MERAIHNYA DENGAN SEKUAT TENAGA & KERENDAHAN HATI!!!

Jumat, 03 Agustus 2012

Materi KPPG pada PLPG Matematika Hari Pertama di UNRI

Catatan ini kami dapatkan dari hari 1 PLPG Tahap 7 periode tanggal 11 - 20 Juli di Hotel Siak 2012 yang bertempat Resort Pekan Baru.
KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU (KPPG)
 Definisi:
Rangkaian konsep dan asas yg menjadi garis besar dan dasar rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan, dan cara bertindak (tt pemerintahan, organisasi, dsb); pernyataan cita-cita, tujuan, prinsip, atau  maksud sbg garis pedoman untuk manajemen dalanm usaha mencapai sasaran; garis haluan.
Adapun arah kebijakan Pendidikan:
       Pemberdayaan lembaga pendidikan è lembaga pendidikan harus lebih proaktif dalam membuat muatan lokal yang bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya dan bernilai ekonomis yang tinggi jika memungkinkan.
       Desentralisasi pendidikan èPendidikan hendaknya sudah merupakan otonomi daerah dalam mengembangkan muatan kurikulumnya, pelatihan-pelatihan para guru yang mempertimbangkan urgenitas di daerah masing-masing, sedangkan pelaporan tetap terpusat.
       Akuntabilitas pendidikan è Pendidikan hendaknya harus bersifat akuntabel/ terpercaya artinya guru tidak hanya mengajar tapi mendidik sehingga ada perbedaan yang jelas antara siswa terpelajar dan tidak dari segi karakter dan keilmuawannya.
       Relevansi pendidikan è Pendidikan hendaknya harus relevan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga ilmu yang didapat di sekolah hendaknya kontekstual
       Pemberdayaan masyarakat è masyarakat hendaknya ikut serta dalam memajukan pendidikan, tidak hanya beban pemerintah saja. Minimal masyarakat secara proaktif mengawasi penanaman karakter pada siswa di lingkungan masyarakat.
Untuk lebih jelasnya silahkan Buka: file KPPG.PPt
Berikut sekilas sejarah Kurikulum Di Indonesia:

Tabel Kronologis Perkembangan Kurikulum di Indonesia
Tahun
Kurikulum
Keterangan
1947
Rencana Pelajaran 1947
· Kurikulum ini merupakan kurikulum pertama di Indonesia setelah kemerdekaan.
· Istilah kurikulum masih belum digunakan. Sementara istilah yang digunakan adalah Rencana Pelajaran
1954
Rencana Pelajaran 1954
· Kurikulum ini masih sama dengan kurikulum sebelumnya, yaitu Rencana Pelajaran 1947
1968
Kurikulum 1968
· Kurikulum ini merupakan kurikulum terintegrasi pertama di Indonesia. Beberapa masa pelajaran, seperti Sejarah, Ilmu Bumi, dan beberapa cabang ilmu sosial mengalami fusi menjadi Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Studies). Beberapa mata pelajaran, seperti Ilmu Hayat, Ilmu Alam, dan sebagainya mengalami fusi menjadi Ilmu Pengetahun Alam (IPS) atau yang sekarang sering disebut Sains.
1975
Kurikulum 1975
· Kurikulum ini disusun dengan kolom-kolom yang sangat rinci.
1984
Kurikulum 1984
· Kurikulum ini merupakan penyempurnaan dari kurikulum 1975
1994
Kurikulum 1994
· Kurikulum ini merupakan penyempurnaan dari kurikulum 1984
2004
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
· Kurikulum ini belum diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia. Beberapa sekolah telah dijadikan uji coba dalam rangka proses pengembangan kurikulum ini
2008
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
· KBK sering disebut sebagai jiwa KTSP, karena KTSP sesungguhnya telah mengadopsi KBK. Kurikukulum ini dikembangkan oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar