SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH ORANG YANG PALING BANYAK MEMBERI MANFAAT BAGI ORANG LAIN, MAKHLUK, DAN JAMI'AL 'ALAMIN ; MARI KITA BERJUANG MERAIHNYA DENGAN SEKUAT TENAGA & KERENDAHAN HATI!!!

Senin, 30 Juli 2012

Profesionalisme Seorang Guru

Profesionalisme guru adalah harga mati untuk meningkatkan pendidikan nasional maupun internasional. Guru sebagai ujung tombak hendaknya sering 'diasah' kemampuan dan kapabilitasnya dalam mendampingi para siswa yang boleh dikatakan sebagai  'pasiennya'.  Studi kasus yang sering diamati akhir-akhir ini, terdapat banyak guru kurang dalam mengupdate ilmu/ informasi dengan kata lain mereka merasa cukup terhadap apa yang mereka miliki sekarang untuk mendidik dan mengajar siswa.
Oleh karena itu, Kemendikbud telah memberikan kebijakan tunjangan profesi sebagai penghargaan bagi guru yang sudah berpengalaman dan siap dibina untuk menjadi guru yang profesional. Namun seiring perjalanan guru yang mendapat tunjangan belum bisa menunjukkan perubahan yang berarti, bahkan ada keluhan beberapa guru yang didapatkan di lapangan bahwa guru yang dapat tunjangan profesi kinerjanya lebih rendah dari guru biasa.
Ada beberapa alasan yang menyebabkan turunnya kinerja guru sertifikasi:
  1. Kecenderungan pemilihan calon Guru sertifikasi di masing-masing daerah terjadi banyak penyalahgunaan, diantaranya: pemalsuan masa pengabdian sebagai guru, rekmendasi atasan yang kurang bijak.
  2. Uji kompetensi yang dilakukan guru sarat kerjasama, dengan pertimbangan bahwa semua guru mendapat hak yang sama dalam mendapatkan 'rezeki ' tunjangan guru sehingga perlu dibantu.
  3. Prinsip yang salah pada beberapa guru sertifikasi bahwa guru lebih memikirkan apa yang dapat tia erima (imbalan), daripada apa yang dapat ia berikan.
  4. Kecenderungan guru sertifikasi minta jam yang sedikit (kurang dari 24 jam pelajaran), sehingga guru belum terasah betul kemampuannya.
Dari uraian di atas,  Kemendikbud memberikan UKG pada seluruh guru yang sudah tersertifikasi untuk diuji ulang oleh pusat sebagai evaluasi keadaan terkini para guru sertifikasi dengan ujian berbasis webquiz secara komperhensif. Adapun untuk kisi-kisi Matematika dapat dibuka:
Mudah mudahan bermanfaat, adapun contoh prediksi ujiannya dapat anda buka:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar