SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH ORANG YANG PALING BANYAK MEMBERI MANFAAT BAGI ORANG LAIN, MAKHLUK, DAN JAMI'AL 'ALAMIN ; MARI KITA BERJUANG MERAIHNYA DENGAN SEKUAT TENAGA & KERENDAHAN HATI!!!

Senin, 17 April 2017

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH MATEMATIKA kelas IX SMP , SI CAIRO


KISI-KISI UJIAN SEKOLAH MATEMATIKA , SI CAIRO

Kelas IX SMP

PILIHAN GANDA
1.    Menentukan hasil operasi campuran ( +, -, x , : ) 5 bilangan bulat, 2 diantaranya bilangan negatif
2.    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan ( waktu yang diperlukan A dan B jika bekerja bersama dalam jam )
3.    Menentukan hasil perpangkatan bilangan  bulat negative yang sama, jika dipangkatkan dari 3 sampai 0
4.    Menentukan hasil kali dan bagi bilangan dalam bentuk akar kuadrat  ( )
5.    Menentukan bentuk yang ekuivalen dengan bentuk
6.    Disajikan 3 gambar berpola, menentukan pola ke-n

7.    Menentukan 3 suku berikutnya, jika disajikan barisan bilangan dengan pola bertingkat dan dimulai dengan 2 bilangan negatif
8.    Menentukan nilai perbandingan yang paling sederhana, jika diberikan perbandingan sederhana dengan satuan yang berbeda ( misal perbandingan gram terhadap kg )
9.    Menyelesaikan soal dari perbandingan bertingkat ( misal A : B = x : y, B : C = y : z, diketahui jumlah atau selisih dari dua perbandingan, ditanyakan jumlah keseluruhan, A+B+C = ….?)
10. Diketahui harga penjualan dan untung atau rugi dalam persen, ditanyakan harga pembelian
11. Aplikasi persamaan, diketahui panjang diagonal –diagonal persegi, ditanyakan luas persegi ( misal persegi ABCD, panjang AC = ( axb) cm, panjang BD = (cxd) cm )
12. Menentukan HP dari  Pertidaksamaan Linier Satu Variabel dalam bentuk pecahan

13. Disajikan dua himpunan dengan cara mendaftar, ditanyakan banyaknya himpunan bagian yang mempunyai n anggota dari irisan dua himpunan tersebut
14. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan denga irisan dan gabungan dua himpunan
15. Menyederhanakan bentuk aljbar jika diketahui 3 suku sejenis, salah satunya disajikan dalam bentuk distributif

16. Menentukan dua pemfaktoran yang benar, jika disajikan 4 bentuk pemfaktoran
17. Menentukan nilai fungsi, jika diketahui rumus fungsinya ( misal diketahui f( axb) = cx +d, ditanyakan nilai dari f(m) =… ?
18. Disajikan gambar garis dengan kemiringan tertentu pada kertas berpetak, menentukan gradient garis yang tegaklurus dengan garis tersebut
19. Menentukan persamaan garis yang melalui titik (x,y ) dan sejajar atau tegak lurus dengan garis ax+by +c = 0
20. Disajikan 4 garis dalam satu grafik, menentukan satu persamaan garis
21. Menyelesaikan soal konsep SPLV
22. Menyelesaikan soal dengan dengan menggunakan kosep tripel Phytagoras , disajikan gambar gabungan beberapa segitiga
23. Diberikan 4 ukuran sisi-sisi segitiga, menentukan satu atau dua dari ukuran sisi-sisi yang dapat membentuk segitiga dengan menggunakan konsep ketidaksamaan dalam segitiga
24. Menentukan jenis-jenis segitiga berdasarkan panjang sisi atau besar sudut
25. Menentukan luas gabungan dua bangun datar( dua lingkaran berpotongan dan perpotongannya membentuk persegi )
26. Disajikan gambar, menentukan keliling bangun datar
27. Disajikan gambar, menentukan besar sudut pusat atau sudut keliling lingkaran
28. Menyelesaikan soal aplikasi kesebangunan ( Foto dan bingkainya yang sebangun ), menentukan ukuran yang belum diketahui di bawah foto
29. Disajikan gambar dua segitiga yang sebangun dengan sepasang sudut saling bertolak belakang, menentukan ukuran salah satu sisi yang belum diketahui
30. Disajikan gambar sepasang segitiga, menentukan syarat-syarat dua segitiga kongruen
31. Disajikan gambar balok yang tersusun dari kubus -kubus satuan, menentukan banyaknya kubus yang terkena cat di sisinya

32. Menyelesaikan soal dengan menggunakan konsep kerangka balok ( misal akuarium yg dipasang lis alumunium, ditanyakan panjang lis yang diperlukan atau biaya pembelian seluruh lis )
33. Disajikan gambar limas persegi yang diketahui ukuran sisi alas dan tinggi limas, menentukan luas permukaan limas
34. Menghitung luas gabungan tabung dan kerucut yang diketahui panjang diameter tabung, tinggi tabung dan tinggi kerucut ( ukuran sesuai tripel phytagoras )
35. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume tabung ( waktu untuk mengisi tempat penampungan air berbentuk tabung atau tandon air berbentuk tabung bocor )
URAIAN/ ESSAY
36. Disajikan tabel frekuensi, menentukan mean dan median

37. Disajikan tabel frekuensi , dengan diketahui means , menentukan salah satu frekuensi yang belum diketahui ( bisa disajikan dalam bentuk diagram batang yang terpenggal )
38. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan diagram lingkaran

39. Menentukan peluang kejadian pada pelemparan 2 buah mata dadu secara bersamaan ( ditanyakan peluang jumlah dua mata dadu yang kurang atau lebih dari bilangan tertentu  )
40. Menentukan peluang kejadian dalam kehidupan sehari-hari ( kelereng atau bola, dengan pengambilan tidak dikembalikan )


Mudah-mudahan bermanfaat bagi siswa yang akan ujian, selamat belajar dan semoga sukses...
@pakcham
#yaasayyidiiyaarosulallooh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar