KISI-KISI UJIAN
SEKOLAH MATEMATIKA , SI CAIRO
Kelas IX SMP
PILIHAN GANDA
|
1. Menentukan hasil operasi
campuran ( +, -, x , : ) 5 bilangan bulat, 2 diantaranya bilangan negatif
|
2. Menyelesaikan soal cerita
yang berkaitan dengan pecahan ( waktu yang diperlukan A dan B jika bekerja
bersama dalam jam )
|
3. Menentukan hasil perpangkatan
bilangan bulat negative yang sama,
jika dipangkatkan dari 3 sampai 0
|
4. Menentukan hasil kali dan
bagi bilangan dalam bentuk akar kuadrat
( )
|
5.
Menentukan
bentuk yang ekuivalen dengan bentuk
|
6. Disajikan 3 gambar berpola,
menentukan pola ke-n
|
7. Menentukan 3 suku berikutnya,
jika disajikan barisan bilangan dengan pola bertingkat dan dimulai dengan 2
bilangan negatif
|
8. Menentukan nilai perbandingan
yang paling sederhana, jika diberikan perbandingan sederhana dengan satuan
yang berbeda ( misal perbandingan gram terhadap kg )
|
9. Menyelesaikan soal dari
perbandingan bertingkat ( misal A : B = x : y, B : C = y : z, diketahui
jumlah atau selisih dari dua perbandingan, ditanyakan jumlah keseluruhan,
A+B+C = ….?)
|
10. Diketahui harga penjualan dan
untung atau rugi dalam persen, ditanyakan harga pembelian
|
11. Aplikasi persamaan, diketahui
panjang diagonal –diagonal persegi, ditanyakan luas persegi ( misal persegi
ABCD, panjang AC = ( axb)
cm, panjang BD = (cxd)
cm )
|
12. Menentukan HP dari Pertidaksamaan Linier Satu Variabel dalam
bentuk pecahan
|
13. Disajikan dua himpunan dengan
cara mendaftar, ditanyakan banyaknya himpunan bagian yang mempunyai n anggota
dari irisan dua himpunan tersebut
|
14. Menyelesaikan soal cerita
yang berkaitan denga irisan dan gabungan dua himpunan
|
15. Menyederhanakan bentuk aljbar
jika diketahui 3 suku sejenis, salah satunya disajikan dalam bentuk
distributif
|
16. Menentukan dua pemfaktoran
yang benar, jika disajikan 4 bentuk pemfaktoran
|
17. Menentukan nilai fungsi, jika
diketahui rumus fungsinya ( misal diketahui f( axb)
= cx +d, ditanyakan nilai dari f(m) =… ?
|
18. Disajikan gambar garis dengan
kemiringan tertentu pada kertas berpetak, menentukan gradient garis yang
tegaklurus dengan garis tersebut
|
19. Menentukan persamaan garis
yang melalui titik (x,y ) dan sejajar atau tegak lurus dengan garis ax+by +c
= 0
|
20. Disajikan 4 garis dalam satu
grafik, menentukan satu persamaan garis
|
21. Menyelesaikan soal konsep
SPLV
|
22. Menyelesaikan soal dengan
dengan menggunakan kosep tripel Phytagoras , disajikan gambar gabungan
beberapa segitiga
|
23. Diberikan 4 ukuran sisi-sisi
segitiga, menentukan satu atau dua dari ukuran sisi-sisi yang dapat membentuk
segitiga dengan menggunakan konsep ketidaksamaan dalam segitiga
|
24. Menentukan jenis-jenis
segitiga berdasarkan panjang sisi atau besar sudut
|
25. Menentukan luas gabungan dua
bangun datar( dua lingkaran berpotongan dan perpotongannya membentuk persegi
)
|
26. Disajikan gambar, menentukan
keliling bangun datar
|
27. Disajikan gambar, menentukan
besar sudut pusat atau sudut keliling lingkaran
|
28. Menyelesaikan soal aplikasi
kesebangunan ( Foto dan bingkainya yang sebangun ), menentukan ukuran yang
belum diketahui di bawah foto
|
29. Disajikan gambar dua segitiga
yang sebangun dengan sepasang sudut saling bertolak belakang, menentukan
ukuran salah satu sisi yang belum diketahui
|
30. Disajikan gambar sepasang
segitiga, menentukan syarat-syarat dua segitiga kongruen
|
31. Disajikan gambar balok yang
tersusun dari kubus -kubus satuan, menentukan banyaknya kubus yang terkena
cat di sisinya
|
32. Menyelesaikan soal dengan
menggunakan konsep kerangka balok ( misal akuarium yg dipasang lis alumunium,
ditanyakan panjang lis yang diperlukan atau biaya pembelian seluruh lis )
|
33. Disajikan gambar limas persegi
yang diketahui ukuran sisi alas dan tinggi limas, menentukan luas permukaan
limas
|
34. Menghitung luas gabungan
tabung dan kerucut yang diketahui panjang diameter tabung, tinggi tabung dan
tinggi kerucut ( ukuran sesuai tripel phytagoras )
|
35. Menyelesaikan soal cerita
yang berkaitan dengan volume tabung ( waktu untuk mengisi tempat penampungan
air berbentuk tabung atau tandon air berbentuk tabung bocor )
|
URAIAN/ ESSAY
|
36. Disajikan tabel frekuensi,
menentukan mean dan median
|
37. Disajikan tabel frekuensi ,
dengan diketahui means , menentukan salah satu frekuensi yang belum diketahui
( bisa disajikan dalam bentuk diagram batang yang terpenggal )
|
38. Menyelesaikan soal yang
berkaitan dengan diagram lingkaran
|
39. Menentukan peluang kejadian
pada pelemparan 2 buah mata dadu secara bersamaan ( ditanyakan peluang jumlah
dua mata dadu yang kurang atau lebih dari bilangan tertentu )
|
40. Menentukan peluang kejadian
dalam kehidupan sehari-hari ( kelereng atau bola, dengan pengambilan tidak
dikembalikan )
|
@pakcham
#yaasayyidiiyaarosulallooh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar