Pada Tujuan
Pembelajaran
(menggambarkan
proses dan hasil belajar
dalam permendiknas no. 41 tahun 2007 )
Catat: Jika anak sudah mencapai/sukses KD (punya
kompetensi pada KD) è Hasil/ kompetensi anak,
Jika anak sudah mencapai/sukses indikator yang dijabarkan dari KD ==> Hasil
anak juga. Tujuan pembelajaran membuat siswa mencapai indikator
1.
Siswa dapat …(Indikator)
… dst
A. Pendahuluan (10
Menit)
(Rekomendasi minimal 4 point)
·
Salam dilanjutkan dengan doa sebagai implementasi nilai religius
·
Pengkondisian kelas , menyiapkan anak untuk penerimaan
informasi seperti: mengecek kehadian siswa, pembiasaan nilai disiplin (seragam,
kebersihan, kerapian, atau info2 penting terkait tatib sekolah).
·
Apersepsi dan motivasi, penambahan prasyarat konsep.
·
Penyampaian tujuan pembelajaran (ini wajib disampaikan)
·
Penyampaian aturan-aturan diskusi kelompok (seperti
adab bertanya,menyanggah dan mengomentari pendapat kawan), perlu diingat ada
perbedaan antara Tanya jawab sebagai metode dengan Tanya jawab sebagai
aktivitas.
B. Kegiatan Inti
(interaktif/siswa yang aktif, inspiratif/menantang, menyenangkan, menantang,
memotivasi)
Kegiatan 1 (mensukseskan tujuan IPK 1, misalkan 20 menit)
Catat: tiap kegiatan tidak selalu diikuti oleh
pendahuluan
·
(Eksplorasi= menggali
informasi/mencari/menemukan),
·
(Elaborasi=
mengembangkan/menggabungkan),
dan
·
(Konfirmasi=
menyepakati/menyimpulkan/memastikan)
Materi ajar (terdiri dari materi prinsip dan materi
prosedur) berbeda dengan materi pembelajaran (terdiri dari materi fakta dan
materi konsep)
Materi ajar memuat
·
Fakta suatu kasus keseharian baik,
·
konsep merupakan penjabaran materi pokok secara rinci,
·
prinsip=materi pokok , dan
·
prosedur merupakan hasil
perincian materi konsep
yang relevan
Berikut contoh RPP Matematika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar