Catatan ini kami dapatkan dari hari 1 PLPG Tahap 7 periode tanggal 11 - 20 Juli di Hotel Siak 2012 yang bertempat Resort Pekan Baru.
KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU (KPPG)
Definisi:
Rangkaian konsep dan asas yg menjadi
garis besar dan dasar rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan,
dan cara bertindak (tt pemerintahan, organisasi, dsb); pernyataan cita-cita,
tujuan, prinsip, atau maksud sbg garis pedoman untuk manajemen
dalanm usaha mencapai sasaran; garis haluan.
Adapun arah kebijakan Pendidikan:
•
Pemberdayaan lembaga pendidikan è lembaga pendidikan
harus lebih proaktif dalam membuat muatan lokal yang bermanfaat bagi masyarakat
sekitarnya dan bernilai ekonomis yang tinggi jika memungkinkan.
•
Desentralisasi pendidikan èPendidikan hendaknya
sudah merupakan otonomi daerah dalam mengembangkan muatan kurikulumnya,
pelatihan-pelatihan para guru yang mempertimbangkan urgenitas di daerah
masing-masing, sedangkan pelaporan tetap terpusat.
•
Akuntabilitas pendidikan è Pendidikan hendaknya harus
bersifat akuntabel/ terpercaya artinya guru tidak hanya mengajar tapi mendidik
sehingga ada perbedaan yang jelas antara siswa terpelajar dan tidak dari segi
karakter dan keilmuawannya.
•
Relevansi pendidikan è Pendidikan hendaknya harus
relevan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga ilmu yang didapat di sekolah
hendaknya kontekstual
•
Pemberdayaan masyarakat è masyarakat hendaknya ikut
serta dalam memajukan pendidikan, tidak hanya beban pemerintah saja. Minimal
masyarakat secara proaktif mengawasi penanaman karakter pada siswa di
lingkungan masyarakat.
Untuk lebih jelasnya silahkan
Buka: file KPPG.PPt
Berikut sekilas sejarah Kurikulum
Di Indonesia:
Tabel Kronologis Perkembangan Kurikulum di
Indonesia
Tahun
|
Kurikulum
|
Keterangan
|
1947
|
Rencana Pelajaran 1947
|
· Kurikulum ini merupakan
kurikulum pertama di Indonesia setelah kemerdekaan.
· Istilah kurikulum masih
belum digunakan. Sementara istilah yang digunakan adalah Rencana Pelajaran
|
1954
|
Rencana Pelajaran 1954
|
· Kurikulum ini masih sama
dengan kurikulum sebelumnya, yaitu Rencana Pelajaran 1947
|
1968
|
Kurikulum 1968
|
· Kurikulum ini merupakan
kurikulum terintegrasi pertama di Indonesia. Beberapa masa pelajaran, seperti
Sejarah, Ilmu Bumi, dan beberapa cabang ilmu sosial mengalami fusi menjadi
Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Studies). Beberapa mata pelajaran, seperti
Ilmu Hayat, Ilmu Alam, dan sebagainya mengalami fusi menjadi Ilmu Pengetahun
Alam (IPS) atau yang sekarang sering disebut Sains.
|
1975
|
Kurikulum 1975
|
· Kurikulum ini disusun
dengan kolom-kolom yang sangat rinci.
|
1984
|
Kurikulum 1984
|
· Kurikulum ini merupakan
penyempurnaan dari kurikulum 1975
|
1994
|
Kurikulum 1994
|
· Kurikulum ini merupakan
penyempurnaan dari kurikulum 1984
|
2004
|
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
|
· Kurikulum ini belum
diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia. Beberapa sekolah telah dijadikan
uji coba dalam rangka proses pengembangan kurikulum ini
|
2008
|
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
|
· KBK sering disebut
sebagai jiwa KTSP, karena KTSP sesungguhnya telah mengadopsi KBK. Kurikukulum
ini dikembangkan oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar