Selasa, 20 Desember 2016

HASIL NILAI SEMESTER GANJIL MATEMATIKA MINAT KELAS XII IPA1-3

KONSEP DAN PRINSIP PENILAIAN

Penilaian berdasarkan Kurikulum 2013 mempersyaratkan pendidik menggunakan penilaian autentik (authentic assessment). Secara paradigmatik penilaian autentik dapat dilakukan jika ada pembelajaran autentik (authentic instruction) dan belajar autentik (authentic learning). Hal ini diyakini bahwa penilaian autentik lebih mampu memberikan informasi kemampuan peserta didik secara holistik dan valid.Mengingat ruang lingkup penilaian sangat luas, maka pada naskah ini difokuskan pada penilaian hasil belajar oleh pendidik. Sebelum membahas lebih dalam lagi tentang penilaian autentik, berikut akan dijelaskan pemahaman dan pengertian yang berkaitan dengan penilaian.
1. Penilaian (assessment) adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
2. Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik adalah proses pengumpulan informasi/bukti tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis, selama dan setelah proses pembelajaran;
3. Penilaian Autentik adalah bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap, menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melakukan tugas pada situasi yang sesungguhnya;
4. Penilaian berbasis portofolio merupakan penilaian yang dilaksanakanuntuk menilai keseluruhan entitas proses belajar peserta didiktermasuk penugasan perseorangan dan/atau kelompok di dalamdan/atau di luar kelas khususnya pada sikap/perilaku dan keterampilan.
5. Pendekatan penilaian adalah proses atau jalan yang ditempuh dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik.
6. Bentuk penilaian adalah cara yang dilakukan dalam menilai capaian pembelajaran peserta didik, misalnya: penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, dan penilaian tertulis.
Berikut adalah hasil nilai Rapor kelas XII IPA 1-3 Matematika Peminatan , SMAN 8 Batam
link: https://drive.google.com/open?id=0B_h4mR8vh0BWbkdnLU92N2YzSm8
Berikut adalah hasil nilai Rapor kelas XII IPA 1-6 Matematika wajib , SMAN 8 Batam
link: https://drive.google.com/open?id=0B_h4mR8vh0BWYTFzTi1LNXNKajg
Selamat bagi yang sudah tuntas, dan yang masih belum jangan patah semangat... kita harus realistik terhadap kemampuan yang sudah kita peroleh pada semester ganjil ini.
Adapun ada kabar gembira remidial terakhir bagi yang belum tuntas, adalah sebagai berikut:
1. Buat pembahasan soal yang divideokan pada papan tulis/ karton besar sebanyak 15 soal (utk nilai 40-50), 10 soal (untuk nilai 51-60), 8 soal (untuk nilai 61-69). Mengambil soal dari Soal UAS yang menjawab salah/ yang tidak bisa dan bisa contek rumus.
2. Video yang sudah direkam di upload ke youtube (diusahakan durasinya diperkecil shg mempermudah upload) cari cara mengupload di google...
3. Linknya dilampirkan pada group facebook kelas XII IPA1-6 SUKSES (link: https://www.facebook.com/groups/1704858449825520/# )
mudah-mudahan bermanfaat, terima kasih.
@pakcham
#yaasayyidiiyaarosulallooh




Kamis, 01 Desember 2016

KISI-KISI UAS SEMESTER GANJIL MATEMATIKA WAJIB XII IPA-IPS

KISI-KISI UAS SEMESTER GANJIL MATEMATIKA WAJIB  XII IPA-IPS
1.      diberikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, siswa dapat menentukan ukuran pemusatan data (mean) dari data tersebut
2.      diberikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan nilai rataan hitungnya, siswa dapat menentukan nilai frekuensi di salah satu kelas dari data
3.      diberikan data dalam bentuk histogram, siswa dapat menentukan ukuran pemusatan data (modus) dari data
4.      diberikan data dalam bentuk poligon frekuensi, siswa dapat menentukan ukuran pemusatan data (mean) dari data tersebut
5.      diberikan data dalam bentuk histogram, siswa dapat menentukan ukuran pemusatan data (median) dari data
6.      diberikan data dalam bentuk histogram, siswa dapat menentukan ukuran letak data (Kuartil bawah) nya
7.      diberikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, siswa dapat menentukan ukuran letak data (Kuartil atas) nya
8.      diberikan data dalam bentuk histogram, siswa dapat menentukan ukuran persebaran data (simpangan rata-rata) nya
9.      diberikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, siswa dapat menentukan ukuran persebaran data (varians/ragam) nya
10.  diberikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, siswa dapat menentukan ukuran persebaran data (simpangan baku) nya
11.  diberikan tiga buah matriks berordo 2 x 2, siswa dapat menentukan beberapa nilai elemen matriks dengan aturan kesamaan matriks
12.  diberikan persamaan dari operasi matriks, siswa dapat menentukan nilai variabel yang belum diketahui dalam matriks tersebut.
13.  diberikan tiga buah matriks berordo 2, siswa dapat melakukan operasi aljabar pada ketiga matriks tersebut
14.  Siswa dapat menentukan matriks hasil perkalian dua matriks yang berordo beda
15.  Siswa dapat menentukan matriks sebagai hasil kuadrat suatu matriks
16.  siswa dapat menentukan elemen matriks hasil operasi aljabar pada beberapa matriks
17.  siswa dapat menentukan salah satu elemen matriks hasil operasi aljabar pada beberapa matriks
18.  siswa dapat menentukan nilai determinan matriks berordo 2 x 2
19.  Siswa dapat menentukan nilai variabel pada kesamaan determinan dua matrik.
20.  siswa dapat menentukan nilai determinan matriks berordo 3 x 3
21.  siswa dapat menentukan nilai determinan dari operasi matriks matriks berordo 3 x 3
22.  Siswa menentukan variabel yang belum diketahui, jika determinan suatu matriks diberikan
23.  diberikan nilai determinan matriks berordo 3 x 3, siswa dapat menentukan nilai beberapa elemen yang tidak diketahui pada matriks tersebut
24.  siswa dapat menentukan invers matriks berordo 2 x 2
25.  siswa dapat menentukan matriks ordo 2 dari persamaan matriks yang diketahui dengan menggunakan invers matriks
26.  diberikan bangun kubus dengan sisi a cm, siswa dapat menentukan jarak titik ke titik yang lain pada kubus
27.  diberikan bangun kubus dengan sisi a cm, siswa dapat menentukan jarak titik ke garis
28.  diberikan bangun kubus dengan sisi a cm, siswa dapat menentukan jarak titik ke garis diagonal ruang kubus.
29.  diberikan bangun ruang sisi datar kubus, siswa dapat menentukan jarak titik ke bidang
30.  diberikan bangun ruang sisi datar kubus, siswa dapat menentukan jarak titik ke bidang yang berbeda dengan letak titik tersebut.
31.  diberikan bangun Limas, siswa dapat menentukan jarak titik ke salah satu bidang limas.
32.  diberikan bangun ruang sisi datar Balok, siswa dapat menentukan jarak titik ke bidang
33.  diberikan beberapa bangun datar, siswa dapat menentukan kesebangunan antar bangun datar tersebut
34.  diberikan beberapa bangun datar, siswa dapat menentukan ukuran sisi bangun yang lainnya
35.  diberikan beberapa bangun datar, siswa dapat menentukan kekongruean antar bangun datar tersebut
36.  diberikan gambar bangun datar yang diketahui beberapa sisi dan sudutnya, siswa dapat menentukan rumus yang ekuivalen dengan aturan sinus
37.  diberikan gambar bangun datar yang diketahui beberapa sisi dan sudutnya, siswa dapat menentukan panjang sisi yang belum diketahui menggunakan aturan sinus
38.  diberikan gambar bangun datar yang diketahui beberapa sisi dan sudutnya, siswa dapat menentukan besar sudut yang belum diketahui menggunakan aturan kosinus
39.  diberikan suatu persamaan yang diketahui hubungan beberapa sisi, siswa dapat menentukan besar sudut yang belum diketahui menggunakan aturan kosinus
40.  diberikan gambar bangun datar yang diketahui beberapa sisi dan sudutnya, siswa dapat menentukan panjang sisi yang belum diketahui menggunakan aturan kosinus

Selamat belajar, mudah-mudahan sukses menyertai anak-anakku sekalian.
@pakcham
#yaasayyidiiyaarosulallooh

WEBSITE MATEMATIKA SEGALA JENJANG SD-SMP-SMA

 Silahkan simak video berikut:  Bapak/Ibu guru Matematika, siswa/siswi silahkan explore :  Sosialisasi alamat website lengkap tentang mate...