Kamis, 26 November 2015

KISI-KISI UAS SEMESTER GANJIL MATEMATIKA WAJIB KELAS XII IPA-IPS



Kisi-kisi matematika wajib kelas XII IPA-IPS adalah sebagai berikut:
1.       Menentukan nilai variable yang belum diketahui pada perkalian matriks
2.       Menentukan determinan matriks hasil operasi beberapa matriks
3.       Menentukan  matriks yang belum diketahui menggunakan invers matriks.
4.       Menentukan salah satu variable dari matriks ordo 3 x 3 yang determinannya diketahui.
5.       Menentukan variable yang belum diketahui akibat dari sifat matriks singular.
6.       Menentukan Model matematika yang menggambarkan permasalahan jumlah dan selisih bilangan bulat menggunakan matriks.
7.       Menentukan Model matematika yang menggambarkan soal cerita permasalahan persamaan linear dua variable menggunakan matriks.
8.       Menentukan invers matriks ordo 3x3
9.       Diberikan keliling persegi panjang, panjang dan lebarnya dalam variable. Siswa dapat menetukan luas persegi panjang.
10.   Menentukan Model matematika yang menggambarkan suatu permasalahan persamaan linear dua variable menggunakan matriks
11.   Menentukan nilai tabungan setelah beberapa  tahun apabila suku bunga tunggal diketahui.
12.   Menentukan nilai tabungan setelah beberapa  tahun apabila suku bunga majemuk persemester diketahui.
13.   Menentukan nilai tabungan setelah beberapa  tahun apabila suku bunga tunggal perbulan diketahui.
14.   Menentukan Bunga perbulan apabila nilai tabungan setelah beberapa  tahun diketahui.
15.   Menentukan Bunga persemester apabila nilai tabungan setelah beberapa  tahun diketahui.
16.   Menentukan harga jual setelah mengalami kenaikan sekian persen selama sekian tahun.
17.   Menentukan jumlah bakteri setelah mengalami penyusutan sekian persen setiap n jam selama sekian hari.
18.   Menentukan harga jual setelah mengalami kenaikan sekian persen selama sekian bulan.
19.   Menentukan harga jual setelah mengalami kenaikan sekian persen selama sekian tahun.
20.   Menentukan harga jual setelah mengalami  penurunan sekian persen selama sekian tahun.
21.   Menuliskan notasi sigma dari deret bilangan yang diketahui.
22.   Menentukan nilai notasi sigma
23.   Menggunakan sifat-sifat notasi sigma dalam pemecahan masalah
24.   Menentukan nilai x yang belum diketahui pada rumus notasi sigma yang diketahui.
25.   Menggunakan sifat notasi sigma dalam soal
26.   Menentukan hasil dari penjumlahan dua notasi sigma.
27.   Menentukan penyelesaian persamaan kuadrat dalam rumus notasi sigma yang diketahui.
28.   Menuliskan notasi sigma dari deret bilangan yang diketahui.
29.   Menggunakan sifat-sifat notasi sigma dalam soal
30.   Menentukan nilai notasi sigma dengan bentuk kuadrat
31.   Menentukan panjang diagonal ruang suatu balok
32.   Menentukan banyak diagonal bidang pada suatu bangun ruang
33.   Menentukan banyak diagonal bidang pada suatu bangun ruang.
34.   Menentukan volum balok jika jumlah panjang rusuk balok dan unsur-unsur yang lain diketahui.
35.   Menentukan jarak titik ke garis
36.   Menentukan jarak titik ke bidang
37.   Menentukan jarak bidang ke bidang
38.   Menentukan jarring-jaring bangun ruang yang sesuai.
39.   Menentukan jarak titik ke bidang pada kubus
40.   Menentukan jarak titik ke bidang pada kubus

Selamat belajar dan semoga sukses
@pakcham
#yaasayyidiiyaarosulallooh

Rabu, 25 November 2015

HOW TO MAKE A MATHEMATICS LEARNING USING SCREEN CAST

Video is one of the media that more interesting than conventional teaching especially for kinesthetic student. Video learning is made from several techniques, one of them is screen cast. Screen cast is called a video screen capture or recorder using screen digital recording of a Computer’s display that is often accompanied by a guide narration recorded using microphone. Video learning technique tutorial screencast usually as guider for student to understand about mathematic concept, for example, tutorial use the software or it could be in the form of exposure.


There are many kind of screen cast like screen cast o-matic, camtasia, cyberlink youcam, many cam, etc. We must install first one of them to go next step about recorder student activity.

One of Teaching activity that using screen cast for example ask student to make problem solving with their own ways.


1. Make blog that include one of  topics  https://youtu.be/_Xt5rPj0rlU 
2. Make post about solution 3 question about topic and how to post Blog, https://youtu.be/VLU_4u1cdBI
3. Make embed video to the blog and how to post Video at Blog, https://youtu.be/bHkc_EZNHO0
4. After that, link of blog's name send to assignment at edmodo learning.
@pakcham
#‎yaasayyidiiyaarosulallooh


Below is result of my student :
3.       Bobbyhwl.blogspot.com
conclution that  student are enjoyable in learning mathematics and can give any knowledge at long term memory.

writer
Hisyam H

WEBSITE MATEMATIKA SEGALA JENJANG SD-SMP-SMA

 Silahkan simak video berikut:  Bapak/Ibu guru Matematika, siswa/siswi silahkan explore :  Sosialisasi alamat website lengkap tentang mate...