Senin, 14 Oktober 2013

Daya Serap UN 2013 secara Nasional, Provinsi Dan Kota



Guru membuat analisis dan pemanfaatan hasil penilaian:

a) Hasil Penilaian dikembalikan kepada peserta didik disertai balikan yang mendidik. Di sini setiap ulangan KD / ulangan harian, soal dan hasil jawaban dikembalikan ke siswa dan di bagian pojok kanan atas terdapat tanda tangan dari orang tua.
b) Dibuat analisis daya serap hasil penilaiaan. Daya serap ini didapat dari nilai rata-rata tiap mata pelajaran, nilai di atas dan di bawah KKM.Guru dapat mengoreksi keberhasilan pembelajarannya.
c) Hasil Analisis ditindak lanjuti dengan  Remedi / Pengayaan, teknik tindak lanjut menggunakan Pembelajaran tuntas yaitu pola pembelajaran yang menggunakan prinsip ketuntasan secara individual.

Pembelajaran   tuntas   (mastery  learning)   dalam  proses  pembelajaran  berbasis kompetensi    dimaksudkan   adalah  pendekatan      dalam  pembelajaran yang mempersyaratkan  peserta didik menguasai secara tuntas seluruh standar kompetensi maupun kompetensi dasar mata pelajaran tertentu.
Prinsip-prinsip utama pembelajaran tuntas adalah:
a.       Kompetensi yang harus dicapai peserta didik dirumuskan dengan urutan yang hirarkis;
b.      Evaluasi yang digunakan adalah penilaian acuan patokan, dan setiap kompetensi harus diberikan feedback;
c.       Pemberian pembelajaran remedial serta bimbingan yang diperlukan;
d.      Pemberian program pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar lebih awal. (Gentile & Lalley : 2003)

            Pembelajaran remedial pada hakikatnya adalah pemberian bantuan bagi peserta didik yang   mengalami  kesulitan  atau  kelambatan  belajar.  Pemberian  pembelajaran remedial meliputi dua langkah pokok, yaitu pertama mendiagnosis kesulitan belajar, dan kedua memberikan perlakuan (treatment) pembelajaran remedial. Teknik yang dapat digunakan untuk mendiagnosis kesulitan belajar antara lain:  tes prasyarat         (prasyarat        pengetahuan,   prasyarat keterampilan), tes        diagnostik, wawancara, pengamatan, dsb.
d) Hasil Penilaian digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Di sini otomatis guru akan mengevaluasi proses pembelajaran, instrument pembelajaran, model  pembelajaran, manajemen wanktu di kelas dan sebagainya.
KEGUNAAN HASIL UN
Sebagai salah satu pertimbangan untuk:
  1. Pemetaan mutu program dan/atau satuan pendidikan;
  2. Dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya;
  3. Penentu kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan; dan  
  4. Dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.
  Berikut Daya serap UN 2013:
silahkan klik link berikut, cara unzip/extract folder kemudian buka pamer 13 (aplikasi)

Rapor Hasil Belajar Kurikulum 2013



Laporan  hasil  penilaian  mata  pelajaran  untuk  semua kelompok mata pelajaran pada akhir semester dalam bentuk buku laporan pendidikan (rapor),  dan menyampaikan laporan dimaksud kepada orang tua/wali peserta didik. (SK Dirjen Mandikdasmen Departemen Pendidikan Nasional Nomor 12/C/KEP/TU/2008, pada Lampiran Penulisan LHB, BAB II, Butir A. 1).
Laporan Hasil Belajar Peserta Didik (LHBPD) adalah dokumen yang diterbitkan oleh satuan  pendidikan yang menggambarkan pencapaian kompetensi peserta didik pada semua  mata  pelajaran  dan  muatan  lokal  (SK  Dirjen  Mandikdasmen  Departemen Pendidikan Nasional  Nomor 12/C/KEP/TU/2008, pada Lampiran Penulisan LHB, Cara Pengisian LHBPD BAB II, Butir A.2).
Bentuk  LHB  dapat  berupa  buku  atau  lembaran,  dengan  catatan  harus  memenuhi seluruh komponen LHB, yang mencakup 1) identitas peserta didik, 2) format nilai hasil belajar peserta didik, 3) format ketercapaian kompetensi peserta didik, 4)  program pengembangan diri, 5)  akhlak mulia dan kepribadian, 6) ketidakhadiran, 7) catatan wali kelas, 8) keterangan pindah sekolah, dan 9) catatan prestasi peserta didik. (SK Dirjen  Mandikdasmen  Departemen  Pendidikan  Nasional  Nomor  12/C/KEP/TU/2008, pada Lampiran Penulisan LHB, BAB II, Butir A. 3).
Akan tetapi untuk kurikulum 2013 sudah ada keputusan dari Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 717/D/Kep/2013
Berikut file Rapor Final:

WEBSITE MATEMATIKA SEGALA JENJANG SD-SMP-SMA

 Silahkan simak video berikut:  Bapak/Ibu guru Matematika, siswa/siswi silahkan explore :  Sosialisasi alamat website lengkap tentang mate...