Rabu, 26 September 2012

PEMBAHASAN MATEMATIKA UN 2010-11 DAN 2011-12


Ujian Nasional merupakan salah satu ujian tertulis yang dilakukan oleh pemerintah pusat kepada tiap satuan pendidikan sebagai standarisasi pemetaan kmpetensi peserta didik. Tes  tertulis   digunakan   untuk   mengungkap   pengetahuan   yang diperoleh           dalam    pembelajaran   pendidikan         jasmani,               olahraga,               dan kesehatan. Berdasarkan waktu pelaksanaannya tes dilakukan dalam situasi yang   disediakan   khusus,   misalnya:   ulangan   harian,   ulangan   tengah semester,  ulangan  akhir  semester  ataupun  ulangan  kenaikan  kelas.  Tes dapat juga dilakukan melekat dalam proses pembelajaran, misalnya dalam bentuk  kuis,  untuk  mengetahui           seberapa   jauh  peserta  didik  dapat menguasai atau   menyerap materi pelajaran         atau      kompetensi        yang ditargetkan.
Agar lebih memantapkan kemampuan matematika tingkat SMA berikut kami lampirkan:
Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda , dan jayalah pendidikan di Indonesia.

Kamis, 20 September 2012

LATIHAN ULANGAN HARIAN 1 MATEMATIKA SMA XI IPS

Standar Kompetensi Lulusan
Memahami dan  mengaplikasikan penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, gambar, grafik, dan ogive, ukuran pemusatan, letak dan ukuran penyebaran, permutasi dan kombinasi, ruang sampel dan peluang kejadian dan menerapkannya dalam pemecahan masalah
Materi


Statistika dan Peluang
Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah

Indikator Soal:


1 Peserta didik dapat menghitung ukuran pemusatan untuk data tunggal berupa cacahan atau table distribusi tunggal.

2 Diberikan data dalam bentuk Histogram, peserta didik dapat mengubah ke dalam table distribusi kelompok, frekuansi kumulatif kurang dari dan lebih dari, serta penafsirannya.

3 Diberikan data dalam bentuk diagram garis, peserta didik dapat membaca data dalam diagram garis serta memecahkan masalah berkaitan data tersebut.


4.    Peserta didik menghitung ukuran pemusatan data dan penyebaran data seperti mean, Quartil dan modus.


5.     Peserta didik dapat menentukan unsur-unsur dari tabel distribusi frekuensi gambar histogram & poligon frekuensi gambar ogif.

 Untuk lebih jelasnya, silahkan buka File ini.
Sebagai bahan referensi silahkan download buku mat XI IPS 

Rabu, 19 September 2012

LATIHAN ULANGAN HARIAN 1 MATEMATIKA SMA XI IPA

KELAS XI IPA
Standar Kompetensi Lulusan:
1. Memahami dan  mengaplikasikan penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, gambar, grafik, dan ogive, ukuran pemusatan, letak dan ukuran penyebaran, permutasi dan kombinasi, ruang sampel dan peluang kejadian dan menerapkannya dalam pemecahan masalah

Materi: 
Statistika dan Peluang
Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah 
 Indikator Soal:

1 Diberikan data dalam bentuk diagram garis, peserta didik dapat membaca data dalam diagram garis serta memecahkan masalah berkaitan data tersebut.

2.    Peserta didik dapat menghitung ukuran pemusatan untuk data tunggal berupa cacahan atau table distribusi tunggal.

3 Diberikan data dalam bentuk tabel, peserta didik dapat menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya

4.    Peserta didik menyajikan data dalam bentuk  tabel jika diketahui gambar histogramnya serta penafsirannya.


5.     Peserta didik dapat menghitung ukuran penyebaran data seperti ragam, simpangan rata-rata dan simpangan baku.

6.    Peserta didik dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan rata-rata gabungan dari dua kelompok atau lebih.
7.    Peserta didik dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan simpangan rata-rata, ragam   dan simpangan baku kumpulan data atau lebih.

 Silahkan buka file berikut
 Sebagai bahan referensi buku silahkan download buku mat XI IPA

Sabtu, 15 September 2012

Buku Cetak Elektronik Matematika SD-SMP-SMA

Seiring perkembangan jaman yang semakin maju, penggunaan IT hendaknya mulai kita manfaatkan sekarang ini; misal: siswa tidak selalu beli buku cetak x per mata pelajaran setiap tahunnya sehingga membuat pengeluaran yang mestinya bisa dialihkan ke keperluan yang lebih "ANFA' / Manfaat". Berikut ini kami berikan buku matematika:
1. SD (Kelas 1A, atau 1B, atau 1C, atau 1D); Kelas 2,; kelas 3 ; Kelas 4 ; Kelas 5 ; kelas 6
2. SMP (Kelas 7 , kelas 8 atau 8 , kelas 9 atau 9 atau 9)
3. SMA (Kelas 10, kelas 11atau ipa atau 11 dan kelas 12atau 12 )
4. SMK (Kelas 10, kelas 11 dan kelas 12)
mudah-mudahan bermanfaat bagi anda dan semoga pendidikan kita maju dan berguna bagi masyarakat luas.

Selasa, 11 September 2012

Materi Matematika kelas XI IPS semester 1 tahun 2012-2013

Para pembaca berikut:

Program Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas XI, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Statistika dan Peluang
1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah


1.1    Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
1.2    Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya
1.3    Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta menafsirkannya
1.4    Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
1.5    Menentukan ruang sampel suatu percobaan
1.6    Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya


  Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras
  Disiplin
  Demokratis

  Berorientasi tugas dan hasil
  Percaya diri
  Berani mengambil resiko
  Keorisinilan


Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Aljabar
2. Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi


2.1 Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
2.2   Menentukan invers suatu fungsi


  Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras

  Berorientasi tugas dan hasil
  Percaya diri
  Keorisinilan
Kalkulus
3. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah


3.1   Menghitung limit fungsi aljabar sederhana di suatu titik
3.2   Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar
3.3   Menggunakan sifat dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi aljabar
3.4   Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi aljabar dan memecahkan masalah
3.5   Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi aljabar
3.6   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi aljabar dan penafsirannya

  Rasa ingin tahu
  Mandiri
  Kreatif
  Kerja keras

  Berorientasi tugas dan hasil
  Percaya diri
  Keorisinilan


Sebagai latihannya bisa di download:
soal kelas XI IPS semester 1 (ctrl+F, ketik Statistika danseterusnya)






WEBSITE MATEMATIKA SEGALA JENJANG SD-SMP-SMA

 Silahkan simak video berikut:  Bapak/Ibu guru Matematika, siswa/siswi silahkan explore :  Sosialisasi alamat website lengkap tentang mate...